PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B MELALUI PERMAINAN TANGGA LITERASI DI RA (RAUDHATUL ATHFAL) AL-BARAAKAH SARIHARJO NGAGLIK SLEMAN

Tri, Windarti (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B MELALUI PERMAINAN TANGGA LITERASI DI RA (RAUDHATUL ATHFAL) AL-BARAAKAH SARIHARJO NGAGLIK SLEMAN. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Tri Windarti_12111247013.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak melalui permainan tangga literasi di RA (Raudhatul Athfal) AL-Baraakah Sariharjo Ngaglik Sleman. Subjek pada penelitian ini adalah anak kelompok B2 RA Al-Baraakah yang berjumlah 20. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dikembangkan oleh peneliti. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi menggunakan (check list). Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak dapat meningkat setelah dilakukan tindakan. Kemampuan membaca permulaan dalam penelitian ini adalah membaca gambar, menyebutkan huruf-huruf, dan menghubungkan gambar dengan kata. Langkah-langkah yang ditempuh dalam permainan tangga literasi sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak adalah 1) guru mendemonstrasikan kegiatan pembelajaran menggunakan permainan tangga literasi dan memberikan contoh serta aturan permainan; 2) guru bersama anak membuat kesepakatan dalam pembelajaran menggunakan permainan tangga literasi; 3) anak bermain dalam kelompok, setiap kelompok terdiri dari 3-5 anak; 4) permainan tangga literasi diberikan kepada anak secara kontiyu dalam kegiatan pembelajaran membaca; 5) selama bermain guru memberikan penguatan dan motivasi pada anak; 6) guru memberikan penguatan yang konsisten setelah bermain berupa stiker bintang. Peningkatan terjadi pada setiap pertemuan dari kondisi awal, Siklus I dan Siklus II. Pada kondisi awal kemampuan membaca permulaan pada anak sebesar 37,55%, mengalami peningkatan pada Siklus I sebesar 10,36% menjadi 47,91%. Pada Siklus II mengalami peningkatan sebesar 31,67% menjadi 79,58%. Kata kunci : Kemampuan membaca permulaan, permainan tangga literasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 09 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15791

Actions (login required)

View Item View Item