MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PLAYEN III

Handayani, - (2015) MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PLAYEN III. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Meningkatkan Partisipasi Belajar Dengan Metode Role Playing.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar melalui metode role playing pada mata pelajaran IPS kelas V di SD Negeri Playen III. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Playen III yang berjumlah 21 siswa, terdiri dari 10 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Objek penelitian ini adalah partisipasi belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan metode role playing. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, catatan lapangan dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode role playing dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan partisipasi belajar. Untuk aspek partisipasi belajar pada siklus I, partisipasi bertanya memiliki persentase sebesar 53,57%, menjawab pertanyaan 52,38%, menyelesaikan tugas 54,76%, berdiskusi 52,38%, mencatat materi pelajaran sebesar 55,95%, mengerjakan soal 53,57%, menyelesaikan tes secara individu 53,57%, dan menyimpulkan materi pelajaran sebesar 51,19%. Pada tahap tindakan siklus II, persentase tiap aspek mengalami kenaikan dari hasil perolehan skor siklus I, partisipasi bertanya memiliki persentase sebesar 76,19%, menjawab pertanyaan 79,76%, menyelesaikan tugas 82,14%, berdiskusi 80,95%, mencatat materi pelajaran sebesar 77,38%, mengerjakan soal 78,57%, menyelesaikan tes secara individu 77,38%, dan menyimpulkan materi pelajaran sebesar 77,38%. Kata kunci : partisipasi belajar, pembelajaran IPS, metode role playing

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 09 Apr 2015
Last Modified: 29 Jan 2019 20:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15782

Actions (login required)

View Item View Item