PENGEMBANGAN KAMUS ELEKTRONIK KIMIA BILINGUAL (INDONESIA – INGGRIS) UNTUK POKOK BAHASAN LARUTAN ASAM BASA DAN STOIKIOMETRI LARUTAN BAGI PESERTA DIDIK TINGKAT SMA/MA

Yulianto, Andri (2011) PENGEMBANGAN KAMUS ELEKTRONIK KIMIA BILINGUAL (INDONESIA – INGGRIS) UNTUK POKOK BAHASAN LARUTAN ASAM BASA DAN STOIKIOMETRI LARUTAN BAGI PESERTA DIDIK TINGKAT SMA/MA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGEMBANGAN KAMUS ELEKTRONIK KIMIA BILINGUAL.docx

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan CD software Kamus Elektronik Kimia Bilingual (Indonesia-Inggris) untuk Pokok Bahasan Larutan Asam Basa dan Stoikiometri Larutan bagi Peserta Didik Tingkat SMA/MA dan mengetahui kualitas kamus elektronik kimia yang telah disusun berdasarkan penilaian guru kimia SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pengembangan Kamus Elektronik Kimia Bilingual (Indonesia-Inggris) untuk Pokok Bahasan Bahasan Larutan Asam Basa dan Stoikiometri ini dibimbing oleh dosen pembimbing serta mendapat masukan dari ahli media, ahli materi dan peer review. Instrumen penelitian berupa angket untuk menilai kamus elektronik kimia yang dihasilkan. Penilaian dilakukan oleh lima orang guru kimia SMA/MA di wilayah Yogyakarta. Penilaian berdasarkan lima aspek yaitu aspek pemanfaatan sumber informasi, aspek kesesuaian deskripsi, aspek tampilan, aspek kebahasaan, dan aspek kemudahan pengoperasian. Hasil penilaian berupa data kualitatif yang diubah menjadi kuantitatif, kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas kamus elektronik kimia ini. Produk penelitian ini berupa Kamus Elektronik Kimia Bilingual (Indonesia-Inggris) untuk Pokok Bahasan Larutan Asam Basa dan Stoikiometri Larutan yang dikemas dalam bentuk CD. Berdasarkan penilaian guru kimia SMA/MA, kamus elektronik kimia ini memiliki kualitas Baik (B) dengan skor rata-rata 102,2 dari skor maksimal sebesar 125, dengan presentase keidealan 81,76%. Kamus elektronik kimia ini layak digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 09 Apr 2015 02:27
Last Modified: 29 Jan 2019 20:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15775

Actions (login required)

View Item View Item