Puspita, Arnasiwi (2015) PENGARUH PERBEDAAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, PGSD.
|
Text
Skripsi - Puspita Arnasiwi 09108241050.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Alasan dilakukan penelitian ini adalah adanya masalah mengenai kedisiplinan belajar pada siswa sekolah dasar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh perbedaan pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 184 siswa sekolah dasar. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala dengan empat pilihan jawaban. Validitas instrumen diuji dengan teknik penilaian ahli (expert judgement). Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analysis of varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kedisiplinan belajar siswa yang mengalami kecenderungan pola asuh authoritarian, authoritative, dan permissive. Tingkat kedisiplinan belajar siswa yang mengalami pola asuh authoritative lebih baik daripada siswa yang mengalami pola asuh authoritarian dan permissive. Hal tersebut membuktikan bahwa pola asuh orang tua berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar siswa sekolah dasar. Kata kunci: kedisiplinan belajar, pola asuh orang tua
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Aspek Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 09 Apr 2015 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 20:34 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15774 |
Actions (login required)
View Item |