KONTRIBUSI LINGKUNGAN PENDIDIKAN TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI I PREMBUN KECAMATAN PREMBUN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2012/2013

Lilis, Ayuningtiyas (2015) KONTRIBUSI LINGKUNGAN PENDIDIKAN TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI I PREMBUN KECAMATAN PREMBUN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Perkembangan kreativitas di pengaruhi oleh banyak hal diantaranya lingkungan pendidikan. Kreativitas anak tidak dapat berkembangn secara optimal tanpa lingkungan pendidikan yang kondusif. Lingkungan pendidikan di SD Negeri I Prembun masih banyak mengalami kendala dalam mengembangkan kreativitas peserta didik.Minat dan bakat peserta didik di SD Negeri I Prembun sangat mempengaruhi perkembanngan kreativitas. Guru dalam mengajar masih monoton, kekurangan sarana dan prasarana untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang mengambil subyek siswa kelas IV dan V SD Negeri I Prembun Kecamatan Prembun Kabupaten Kebumen. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik anallisis data menggunakan data statistik yang kemudian diolah menggunakan SPSS, kemudian data didiskripsikan, langkah selanjutnya melakukan uji normalitas data, uji linieritas, dan uji korelasi bivariat serta melakukan analisis regresi linier. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa lingkungan pendidikan (lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat) memberihkan kontribusi positif sebesar 49,4 % dan signifikan terhadap perkembangan kreativitaas siswa kelas IV dan V SD Negeri I Prembun Kecamatan Prembun Kabupaten Kebumen. Lingkungan pendidikan yang berupa lingkungan Sekolah memberihkan kontribusi positif sebesar 14,604 % dan signifikan terhadap perkembangan kreativitas siswa kelas IV dan V SDN I Prembun Kecamatan Prembun Kabupaten Kebumen. Lingkungan pendidikan yang berupa lingkungan Sekolah memberihkan kontribusi positif sebesar 22,760 % dan signifikan terhadap perkembangan kreativitas siswa kelas IV dan V SDN I Prembun Kecamatan Prembun Kabupaten Kebumen. Lingkungan sekolah merupakan faktor yang paling besar dalam memberihkan kontribusinya terhadap perkembangan kreativitas siswa kelas IV dan V SDN I Prembun Kecamatan Prembun Kabupaten Kebumen. Lingkungan pendidikan yang berupa lingkungan masyarakat memberihkan kontribusi positif sebesar 12,611 % dan signifikan terhadap perkembangan kreativitas siswa kelas IV dan V SDN I Prembun Kecamtan Prembun Kabupaten Kebumen. Kata kunci : Kontribusi, Lingkungan Pendidikan, Kreativitas. vii

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Pendidikan > Other
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 09 Apr 2015 02:16
Last Modified: 29 Jan 2019 20:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15773

Actions (login required)

View Item View Item