MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS VC SDNEGERI JUMOYO 2 SALAM MAGELANG

Juhayyatul, Anisa (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS VC SDNEGERI JUMOYO 2 SALAM MAGELANG. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Juhayyatul Anisa, 09108244118.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model Quantum Teaching pada siswa kelas VC SD Negeri Jumoyo 2 Kecamatan Salam Kabupaten Magelang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian ini menggunakan modifikasi model Kemmis & McTaggart dalam 2 siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Subjek penelitian meliputi siswa kelas VCSD Negeri Jumoyo 2 yang berjumlah 28 siswa.Objek penelitian adalah meningkatkan hasil belajar IPS melalui model Quantum Teaching. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitianmenunjukkan bahwahasil belajar siswa kelas VC SD Negeri Jumoyo 2 Kecamatan Salam Kabupaten Magelang dapat meningkat setelah diberi tindakan melaluipenerapan model Quantum Teaching. Hasil belajar sebelumtindakan menunjukkan jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 4 siswa (15%) dan 24 siswa (85%) belum mencapai KKM. Pada siklus I meningkat menjadi 15 siswa (53%) mencapai KKM dan 13 siswa (57%) masih di bawah KKM.Pada siklus II jumlah siswa yang telah mencapai KKM meningkat menjadi 22 siswa (78%) dan 8 siswa (22%) masih di bawah KKM. Nilai rata-rata pada saat pra tindakan sebesar 53,18, pada siklus I meningkat dari 53,18 menjadi 68,21 kemudian meningkat lagi menjadi 72,61 pada siklus II. Dengan demikian, penggunaan model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VCSD Negeri Jumoyo 2 Kecamatan Salam Kabupaten Magelang. Kata Kunci: Hasil BelajarIPS, model Quantum Teaching, siswa SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 09 Apr 2015 01:47
Last Modified: 29 Jan 2019 20:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15765

Actions (login required)

View Item View Item