MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SD N KREBET, PANJATAN, KAB. KULON PROGO MENGGUNAKAN METODE KARYAWISATA

Chanifur, Rochman (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SD N KREBET, PANJATAN, KAB. KULON PROGO MENGGUNAKAN METODE KARYAWISATA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
CHANIFUR ROCHMAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi dengan menerapkan metode karyawisata pada siswa kelas IV SD Negeri Krebet, Panjatan, Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD N Krebet, Panjatan, Kulon Progo . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode karyawisata dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD N Krebet, Panjatan, Kulon Progo. Pada siklus I persentase ketuntasan KKM sebesar 58,33% dengan nilai rata-rata kelas 69,00, pada siklus II persentase ketuntasan KKM mengalami kenaikan menjadi 91,67% dengan nilai rata-rata kelas 73,33. Peningkatan ketuntasan KKM dari siklus I sampai siklus II sebesar 33,34%. Begitu pula dengan proses pembelajarannya, pada siklus I rata-rata skor indikator yang diperoleh siswa mencapai 24,46 dengan persentase 67,94% meningkat menjadi 26,21 pada siklus II dengan persentase 72,81%. Kata kunci : Hasil Belajar IPS, Metode Karyawisata

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 09 Apr 2015 01:41
Last Modified: 29 Jan 2019 20:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15764

Actions (login required)

View Item View Item