EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK BERDASARKAN INTEGRASI DIMENSI MAKROSKOPIK, DIMENSI SIMBOLIK, DAN DIMENSI SUBMIKROSKOPIK PADA PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 PREMBUN TAHUN AJARAN 2010/2011

Wijiarti, Permani Try (2011) EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK BERDASARKAN INTEGRASI DIMENSI MAKROSKOPIK, DIMENSI SIMBOLIK, DAN DIMENSI SUBMIKROSKOPIK PADA PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 PREMBUN TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK BERDASARKAN INTEGRASI DIMENSI MAKROSKOPIK.docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada pemahaman konsep dan motivasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konstruktivistik berdasarkan integrasi dimensi makroskopik, dimensi simbolik, dan dimensi submikroskopik dengan peserta didik yang tidak mengikuti pembelajaran ini jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling dari seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Prembun. Data yang diperoleh berupa data pengetahuan awal kimia, data pemahaman konsep, dan data motivasi belajar kimia. Pengujian hipotesis menggunakan analisis kovariansi (anakova) dan uji t beda subjek. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan pada pemahaman konsep dan motivasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konstruktivistik berdasarkan integrasi dimensi makroskopik, dimensi simbolik, dan dimensi submikroskopik dengan peserta didik yang tidak mengikuti pembelajaran ini jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Selanjutnya dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan konstruktivistik berdasarkan integrasi dimensi makroskopik, dimensi simbolik, dan dimensi submikroskopik yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Prembun tidak efektif karena tidak ada perbedaan yang positif pada pemahaman konsep dan motivasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran ini.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 09 Apr 2015 01:29
Last Modified: 29 Jan 2019 20:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15758

Actions (login required)

View Item View Item