MEMBANGUNNILAI TOLERANSI SISWA MELALUI METODE THINK PAIR SHARE (TPS)PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SD NEGERI DERESAN

Galih Harsul, Lisanti (2015) MEMBANGUNNILAI TOLERANSI SISWA MELALUI METODE THINK PAIR SHARE (TPS)PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SD NEGERI DERESAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI lengkap.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangunnilai toleransi siswa melalui metode Think Pair Share(TPS) pada mata pelajaran Matematika kelas V di SD N Deresan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tahapan siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini merupakan penelitian kolaboratif dimana peneliti bertindak sebagai pengamat bekerja sama dengan guru yang bertindak sebagai pelaksana pembelajaran metode Think Pair Share. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD N Deresan yang berjumlah 33siswa. Objek penelitian ini adalah nilai toleransi siswa pada mata pelajaran Matematika materi perkalian dan pembagian pecahan melalui penerapan metodeThink Pair Share. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dalam bentuk uraian yang dilakukan setiap pertemuan, observasi, wawancara, catatan anekdot dan angket di setiap akhir siklus. Validitas yang digunakan adalah validitas isi yang dilakukan dengan cara konsultasi kepada expert judgementuntuk membandingkan antara isi instrumen dengan rancangan yang telah ditetapkan. Instrumen dalam penelitian ini dinyatakan valid jika kisi-kisi atau instrumen penelitian ini sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatifdan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metodeThink Pair Share dalam pembelajaran Matematika yang dilaksanakan dengan memberikan soal pada siswa, mendiskusikan secara berpasangan, kemudian diskusi kelompok dan mempresentasikan penyelesaian soal dapat membangunnilai toleransi siswa kelas V SD N Deresan.Hal tersebut dibuktikan dengan adanya perubahan nilai toleransi pada akhir siklus II. Pada siklus I, hasil pengisian angket yang berjumlah 57 indikator yang dibandingkan dengan hasil observasi dan wawancara diperoleh skor terendah 25 dengan persentase 43,85% dan skor tertinggi adalah 54 dengan persentase 94,73%. Pada siklus II, diperoleh data terendah sebesar 35 dengan persentase 61,40%. Skor tertinggi adalah 57 dengan persentase 98,24%. Semua siswa mengalami perubahan nilai toleransi dengan rata-rata peningkatan sebesar 4 poin. Jumlah siswa yang memperoleh skor di bawah 80,70% pun mengalami penurunan dari siklus I sebanyak 11 siswa menjadi 5 siswa pada siklus II. Kata kunci : nilai toleransi siswa, mata pelajaran matematika, metode think pair share.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 09 Apr 2015 01:11
Last Modified: 29 Jan 2019 20:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15754

Actions (login required)

View Item View Item