PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA TERHADAP KEPEDULIAN SOSIAL SISWA KELAS V DI SD NEGERI SELANG

Mardenta Nur Yudi Verdana, Putra (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA TERHADAP KEPEDULIAN SOSIAL SISWA KELAS V DI SD NEGERI SELANG. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
mardenta 09108241057 skripsi pdf.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) menggunakan metode sosiodrama terhadap kepedulian sosial siswa kelas V di SD Negeri Selang Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan variabel terikat kepedulian sosial siswa dan variabel bebas metode sosiodrama. Desain penelitainnya yaitu Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Selang, yang berjumlah 57 siswa dan terdiri dari dua kelas. Kelas VA berjumlah 30 siswa sebagai kelompok eksperimen, dan kelas VB 27 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian berupa skala, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan bantuan Expert Judgement. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran PKn menggunakan metode sosiodrama memberikan dampak positif signifikan terhadap kepedulian sosial siswa kelas V SD Negeri Selang tahun ajaran 2012/ 2013. Hal tersebut ditunjukkan dengan uji t pada post test kelompok eksperimen-kontrol yang menunjukkan perbedaan signifikan antara post test kelompok eksperimen dan kontrol setelah diberikan treatment. Kata Kunci: metode sosiodrama, kepedulian sosial

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 09 Apr 2015 00:55
Last Modified: 29 Jan 2019 20:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15751

Actions (login required)

View Item View Item