PEMANFAATAN ADONAN SERBUK KAYU SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA PESERTA DIDIK KELAS B1 DI RA-AR RAHMAH PAPRINGAN, YOGYAKARTA

Almas, Kukuh Aswa (2015) PEMANFAATAN ADONAN SERBUK KAYU SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS PADA PESERTA DIDIK KELAS B1 DI RA-AR RAHMAH PAPRINGAN, YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Kukuh Aswa Almas 10207241024.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus dengan media adonan serbuk kayu dalam proses membentuk pada peserta didik RA Ar-Rahmah Papringan, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Masing-masing siklus I dan siklus II dilaksanakan selama 2 kali pertemuan, sedangkan siklus III dilaksanakan 1 kali pertemuan karena hasil sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas B1 di RA Ar-Rahmah Papringan, Yogyakarta berjumlah 21 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, catatan anekdot (anecdotal record), dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Aspek penilaian peningkatan keterampilan motorik halus yaitu kelenturan jari jemari, kecermatan, dan antusias. KKM yang ditetapkan adalah 80% yang dihasilkan dari rata-rata jumlah skor perolehan peserta didik. Hasil observasi pada pra tindakan menunjukan bahwa keterampilan motorik halus masuk pada tahap mulai berkembang dengan persentase 49,58%. Pada siklus I meningkat mencapai 64,58% dengan kriteria mulai berkembang. Pada siklus II meningkat mencapai 68,38% dengan kriteria mulai berkembang. Hasil siklus III meningkat mencapai 87,03%, dengan kriteria berkembang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: motorik halus, kegiatan membentuk
Subjects: Seni dan Budaya > Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Kerajinan
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 15 Apr 2015 06:18
Last Modified: 29 Jan 2019 20:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15749

Actions (login required)

View Item View Item