PERBEDAAN KETEPATAN ANTARA LEMPARAN ATAS DAN LEMPARAN SAMPING MAHASISWA ANGGOTA TIM UKM SOFTBALL BASEBALL UNY

Heni Suharyani, Heni Suharyani (2013) PERBEDAAN KETEPATAN ANTARA LEMPARAN ATAS DAN LEMPARAN SAMPING MAHASISWA ANGGOTA TIM UKM SOFTBALL BASEBALL UNY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Perbedaan ketepatan antara lemparan atas dan lemparan samping mahasiswa anggota tim UKM softball-.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Ketepatan lemparan merupakan salah satu unsur penting dari teknik lemparan Softball, jenis lemparan Softball ada tiga yaitu lemparan atas, bawah dan samping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan ketepatan lemparan atas dan lemparan samping mahasiswa anggota tim UKM Softball- Baseball UNY. Penelitian ini mengunakan metode survei dengan teknik tes pengukuran. Subjek adalah mahasiswa anggota tim UKM Softball-Baseball UNY. Total sampel yang diambil 32 orang. Penelitian mengunakan instrument Overhand Throw For Accuracy dengan nilai validitas 0,70 dan nilai realiabel nya 0.72. Teknik analisis data menggunakan Uji normalitas Shapiro-Wilk pada program SPSS 16,0, dan mengunakan uji beda dengan Paired sample-t-test untuk pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan, perbedaan ketepatan kedua lemparan tersebut dapat diketahui dari t hitung = 5,630 lebih besar dari t tabel = 1,697. Dilihat dari nilai rerata atau mean hasil tes lemparan atas adalah 13,84 sedangkan rerata atau mean hasil tes lemparan samping adalah 10,41. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan ketepatan antara lemparan atas dan lemparan samping dengan nilai ketepatan lemparan atas lebih baik dari pada lemparan samping anggota tim UKM Softball-Baseball UNY

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 09 Apr 2015 00:47
Last Modified: 29 Jan 2019 20:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15746

Actions (login required)

View Item View Item