IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 1 BANTUL

Setyawan, Catur Hadi (2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 1 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Catur Hadi Setyawan 10201241032.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia, wujud implementasi pendidikan karakter, langkah-langkah implementasi pendidikan karakter, kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter, dan upaya guru dalam mengatasi kendala implementasi pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Bantul dan fokus penelitian ini adalah implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Bantul. Data diperoleh melalui wawancara, analisis dokumen, dan pengamatan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi metode. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil analisis data kemudian disimpulkan sesuai permasalahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter telah diimplementasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Bantul. Nilai karakter yang diimplementasikan mencakup 18 nilai, antara lain religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Dalam implementasinya, nilai-nilai tersebut diintegrasikan dengan materi ajar dan disesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi melalui berbagai metode dan pendekatan. Adapun langkah yang ditempuh guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter meliputi perencanaan dengan membuat RPP yang bermuatan karakter, dilanjutkan dengan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang telah tercantum dalam RPP, dan melakukan penilaian afektif terhadap karakter peserta didik dengan instrumen penilaian otentik. Guru tidak mengalami kendala yang signifikan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter. Kendala yang dihadapi guru justru terletak pada tingkat keberhasilan implementasi nilai karakter kepada peserta didik di luar pembelajaran dan mengonversi nilai ke dalam rapor. Guru melakukan upaya untuk mengatasi kendala tersebut melalui kegiatan pembelajaran dan berkoordinasi dengan seluruh warga sekolah. Hal ini menunjukkan bahwa guru memiliki keseriusan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: implementasi, pendidikan karakter, pembelajaran bahasa Indonesia
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 16 Apr 2015 04:34
Last Modified: 29 Jan 2019 20:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15745

Actions (login required)

View Item View Item