PEMBELAJARAN REMEDIAL MELALUI PEMANFAATAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI KEDONDONG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Septiana, Pradina (2015) PEMBELAJARAN REMEDIAL MELALUI PEMANFAATAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI KEDONDONG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SEPTIANA PRADINA _NIM 09108244032.pdf

Download (107MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan ketuntasan belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Kedondong, tahun pelajaran 2012/2013 dengan menerapkan tahap-tahap pembelajaran remedial melalui pemanfaatan tutor sebaya secara tepat, 2) mengetahui seberapa besar peningkatan ketuntasan belajar IPA tersebut. Ketuntasan belajar IPA dalam penelitian ini didasarkan pada hasil UTS yang telah dilaksanakan siswa, kemudian dianalisis pada indikator apa siswa mengalami kesulitan, sehingga ditindaklanjuti dengan pembelajaran remedial. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart, dengan subjek tindakan yaitu kelas V SD Negeri Kedondong yang berjumlah 22 siswa dan objek dalam penelitian ini adalah ketuntasan belajar IPA siswa. Tindakan yang diberikan selama penelitian adalah pembelajaran remedial dengan memanfaatkan tutor sebaya (peer tutoring) untuk membantu guru dalam memahamkan materi. Pada siklus I, dilakukan empat kali pertemuan tindakan remedial dan pada siklus II dilakukan dua kali pertemuan tindakan remedial. Pada setiap akhir siklus, dilaksanakan tes ketuntasan belajar. Observasi dilakukan terhadap aktivitas guru, aktivitas siswa sebagai tutor, dan aktivitas siswa dalam kelompok remedial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) pembelajaran remedial melalui pemanfaatan tutor sebaya dapat meningkatkan ketuntasan belajar IPA siswa kelas V SD N Kedondong, pelaksanaannya sebagai berikut: a) tutor dipilih berdasarkan kriteria: memiliki prestasi akademik tinggi, bertanggung jawab, dan dapat diterima teman-temannya, b) guru dan peneliti memberikan penjelasan kepada tutor berkaitan dengan tugas dan tanggungjawabnya, c) guru melakukan apersepsi, serta menyampaikan materi secara singkat, dan jelas, d) siswa belajar dalam kelompok remedial dengan pemanfaatan tutor untuk memahami materi dan menyelesaikan tugas yang ada pada LKS, e) presentasi hasil kerja kelompok, f) tutor memberikan pertanyaan untuk dijawab secara lisan oleh masing-masing anggota kelompok, g) siswa mengerjakan tes evaluasi ketuntasan belajar IPA secara individual, h) tahap penunjang berupa pemberian reward, 2) setelah diterapkannya pembelajaran remedial melalui pemanfaatan tutor sebaya secara tepat, persentase ketuntasan belajar IPA pada prasiklus (31,82%), meningkat ke siklus I (81,82%), besar peningkatannya (50%). Dilanjutkan ke siklus II (95,45%), besar peningkatannya (13,63%), sehingga telah mencapai indikator keberhasilan. Kata kunci: pembelajaran remedial, tutor sebaya, ketuntasan belajar IPA siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 09 Apr 2015 00:13
Last Modified: 29 Jan 2019 20:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15743

Actions (login required)

View Item View Item