Hesti Ratna, Sari (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA SISWA KELAS VB SD NEGERI KEPUTRAN I YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.
|
Text
SKRIPSI HESTI RATNA SARI 09108241033.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan metode sosiodrama siswa kelas VB SD Negeri Keputran I Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Keputran I Yogyakarta dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas VB SD Negeri Keputran I Yogyakarta yang berjumlah 34 siswa, terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan rancangan penelitian tindakan yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart dengan model spiral. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah statistik deskriptif kuantitatif yaitu dengan mencari rerata. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran keterampilan berbicara menggunakan metode sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VB SD Negeri Keputran I Yogyakarta. Peningkatan keterampilan berbicara pada siklus I sebesar 7,38, dari kondisi awal 60,35 meningkat menjadi 67,73. Pada siklus II meningkat sebesar 16,17, dari kondisi awal 60,35 meningkat menjadi 76,52. Kata kunci: keterampilan berbicara, metode sosiodrama
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teknologi Pendidikan Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 08 Apr 2015 23:49 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 20:33 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |