PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS VB SD NEGERI PUJOKUSUMAN 1 TAHUN AJARAN 2012/2013

Ria, Krisnamurti (2015) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS VB SD NEGERI PUJOKUSUMAN 1 TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Perilaku anak usia sekolah dasar yang sering bertengkar dengan teman ketika ada masalah menunjukkan kurangnya kecerdasan emosi yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ada tidaknya pengaruh pola asuh orang tua dan interaksi teman sebaya terhadap kecerdasan emosi siswa kelas VB SD Negeri Pujokusuman 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SD Negeri Pujokusuman 1 dengan jumlah 29 siswa dengan komposisi 14 laki-laki dan 15 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Pujokusuman 1. Metode pengumpulan data menggunakan skala empat pilihan jawaban. Teknik analisis data menggunakan regresi ganda. Berdasarkan teknik analisis data diperoleh hasil pola asuh orang tua dan kecerdasan emosi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kecerdasan emosi. Pola asuh orang tua dan interaksi teman sebaya mempengaruhi kecerdasan emosi sebesar 37,9%. Hal ini berarti semakin baik pola asuh orang tua dan interaksi teman sebaya, maka dapat diprediksikan anak memiliki kecerdasan emosi. Kata kunci : pola asuh orang tua, interaksi teman sebaya, kecerdasan emosi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Apr 2015 09:21
Last Modified: 29 Jan 2019 20:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15736

Actions (login required)

View Item View Item