HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN EFIKASI DIRI AKADEMIK SISWA KELUARGA MENUJU SEJAHTERA (KMS)DI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA

Yocta Nur Rahman, Yocta (2015) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN EFIKASI DIRI AKADEMIK SISWA KELUARGA MENUJU SEJAHTERA (KMS)DI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
HALAMAN PRA BAB.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
02. BAB I-DAPUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
03. LAMPIRAN 1-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan efikasi diri akademik siswa KMS di SMA Negeri 11 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakanpendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subjek penelitian adalah seluruh siswa KMS di SMA Negeri 11 Yogyakarta yang berjumlah 29 siswa. Alat ukur penelitian menggunakan dua skala yaitu: skala dukungan sosial keluarga dan skala efikasi diri akademik. Uji coba instrumen dilakukan di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Uji validitas diukur dengan membandingkan nilai corrected item-total terhadap rtabelsebesar 0,37 (N = 29 dengan taraf kesalahan 5%). Uji reliabilitas melalui pendekatan internal consistency dengan rumus Cronbach Alpha dengan koefisien reliabilitas untuk konstrak dukungan sosial keluarga sebesar 0,890 dan konstrak efikasi diri akademik sebesar 0,890. Analisis data yang dipilih untuk uji hipotesis menggunakan korelasi Product Moment yang didahului dengan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji linieritas. Temuan dalam penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi yang didapatkan yaitu sebesar 0,477 > r tabel dan nilai Sig. 0,004 ≤ 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan apabila hipotesis penelitian diterima. Hubungan yang terjadi bersifat positif yang artinya apabila dukungan sosial keluarga tinggi maka efikasi diri akademik akan meninggi. Kuat hubungan antar variabel dalam taraf cukup kuat/sedang.Kategorisasi dukungan sosial keluarga menunjukkan 66% dan efikasi diri akademik menunjukkan 83% keduanya masuk dalam kategori sedang. Kata kunci : siswa KMS, dukungan sosial keluarga, efikasi diri akademik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 08 Apr 2015 08:24
Last Modified: 29 Jan 2019 20:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15734

Actions (login required)

View Item View Item