PENINGKATAN PERILAKU ASERTIF MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA SISWA KELAS X SMA YPP ANDONG BOYOLALI

Dewi Fatimah, Dewi (2015) PENINGKATAN PERILAKU ASERTIF MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA SISWA KELAS X SMA YPP ANDONG BOYOLALI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_DEWI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian didasarkan pada perilaku asertif siswa kelas X SMA YPP Andong yang cukup rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku asertif siswa kelas X SMA YPP Andong melalui pelatihan keterampilan sosial. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan model Kemmis dan Taggart. Setiap siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan siklus II dilaksanakan untuk lebih mematangkan perilaku asertif siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA YPP Andong. Jenis tindakan yang dilakukan adalah pelatihan keterampilan sosial berupa modeling, role playing, umpan balik, transfer pelatihan dan permainan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan wawancara. Instrumen penelitian ini menggunakan angket perilaku asertif, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan keterampilan sosial dapat meningkatkan perilaku asertif siswa kelas di X SMA YPP Andong. Pra tindakan yang dilakukan dengan menyebarkan angket diperoleh data, perilaku asertif para siswa masih rendah dengan skor rata-rata pre test 89,05. Pada siklus pertama yang terdiri dari siswa meningkat menjadi 105,40 pada kategori sedang. Pada siklus kedua yang terdiri dari tiga tindakan skor rata-rata post test II siswa meningkat menjadi 113,80 dan sudah masuk pada tingkat perilaku asertif yang baik. Hasil tersebut juga diperkuat dengan wawancara dan observasi terhadap subyek yang menunjukkan adanya perilaku asertif yang meningkat dari pre test ditunjukkan dengan kemampuan siswa mengungkapkan perasaan secara jujur, mampu meminta pertolongan, menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan yang bertanggung jawab. Kata Kunci: pelatihan keterampilan sosial, perilaku asertif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 08 Apr 2015 08:01
Last Modified: 29 Jan 2019 20:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15732

Actions (login required)

View Item View Item