PENGARUH PENERAPAN PRAKTIKUM KIMIA MENGGUNAKAN VIRTUAL LAB TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2010/2011

Murdiono, Aji Catur (2011) PENGARUH PENERAPAN PRAKTIKUM KIMIA MENGGUNAKAN VIRTUAL LAB TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
abstrakq.docx

Download (14kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang bermakna antara sikap ilmiah dan prestasi belajar peserta didik yang mengikuti praktikum kimia menggunakan virtual lab dan praktikum kimia tanpa menggunakan virtual lab apabila pengetahuan awal dikendalikan secara statistik. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Banjarnegara kelas XI IPA semester II tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Rancangan penelitian mengikuti satu faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Banjarnegara tahun ajaran 2010/2011. Jumlah populasi adalah 250 peserta didik yang terbagi dalam tujuh kelas. Satu kelas digunakan sebagai kelas eksperimen dan satu kelas lagi digunakan sebagai kelas kontrol yang diambil secara purposive sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data pengetahuan awal, data sikap ilmiah, dan data prestasi belajar kimia. Analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, uji Anakova satu jalur, uji regresi dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada sikap ilmiah antara peserta didik yang mengikuti praktikum kimia menggunakan virtual lab dengan peserta didik yang tidak mengikuti praktikum kimia menggunakan virtual lab, ada pengaruh yang signifikan antara prestasi belajar peserta didik yang mengikuti praktikum kimia menggunakan virtual lab dengan prestasi belajar peserta didik yang tidak mengikuti praktikum kimia menggunakan virtual lab.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:54
Last Modified: 29 Jan 2019 20:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15730

Actions (login required)

View Item View Item