TUMBUHAN TEMBAKAU DAN CENGKIH SEBAGAI IDE DASAR PENCIPTAAN MOTIF BATIK TULIS UNTUK SERAGAM KARYAWAN DI PERUSAHAAN ROKOK BARITO DESA GONDOSARI, GEBOG, KUDUS, JAWA TENGAH

Imas Arifiani, Imas Arifiani (2015) TUMBUHAN TEMBAKAU DAN CENGKIH SEBAGAI IDE DASAR PENCIPTAAN MOTIF BATIK TULIS UNTUK SERAGAM KARYAWAN DI PERUSAHAAN ROKOK BARITO DESA GONDOSARI, GEBOG, KUDUS, JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN TAKS FULL.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penulisan tugas akhir karya seni ini bertujuan untuk membuat rancangan motif batik baru dengan inspirasi dari tumbuhan tembakau dan cengkih yang dibuat untuk seragam karyawan perusahaan Barito. Konsep pembuatan karya seni ini diambil dari stilasi tumbuhan tembakau dan cengkih dimana kedua tumbuhan ini digunakan sebagai bahan baku pembuatan rokok, maka kedua tumbuhan ini sebagai ide dasar penciptaan motif batik untuk seragam karyawan perusahaan rokok Barito. Semua motif yang dibuat masing-masing mempunyai makna simbolik yang bersangkutan dengan perusahaan rokok Barito. Dalam pembuatan Batik menggunakan teknik pewarnaan celup yang terdiri dari pewarna napthol dan indogosol. Karya batik tulis bermotif tumbuhan tembakau dan cengkih untuk seragam karyawan perusahaan rokok Barito berjumlah delapan potong. Karya batik pertama berjudul Batik Srintil yang akan dijadikan seram karyawan kantor nantinya diproduksi berjumlah sekitar 47 potong, karya kedua berjudul Batik Rantem akan dijadikan seragam mandor karyawan nglinting nantinya diproduksi berjumlah sekitar 87 potong, karya ketiga berjudul Mbako Barito akan dijadikan seragam pemasaran nantinya akan diproduksi berjumalah 30 potong, karya ke empat berjudul Tembakau Penerang akan dijadikan seragam karyawan promosi nantinya akan diproduksi 40 potong, karya batik ke lima dan ke enam berjudul Batik Mustofa dan Batik Nikmah akan dijadikan seragam karyawan Nglinting nantinya diproduksi berjumlah kurang lebih 1000 potong, karya batik ke tujuh dan kedelapan berjudul Raja Tembakau dan Batik Madja akan dijadikan sergam karyawan pembungkus nantinya akan diproduksi 300 potong.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motif Tembakau dan Cengkih, Batik, Seragam Perusahaan Rokok Barito
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: ?? fbs_kriya ??
Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa > Pendidikan Kriya
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 10 Apr 2015 04:21
Last Modified: 20 Sep 2023 01:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15727

Actions (login required)

View Item View Item