PENINGKATAN PERENCANAAN KARIR MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 BANJARNEGARA TAHUN 2012/2013

Veroniqa Desy Prihatiningsih, Veroniqa (2015) PENINGKATAN PERENCANAAN KARIR MELALUI METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 BANJARNEGARA TAHUN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perencanaan karir individu siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Banjarnegara melalui metode mind mapping. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek kelas VIII C yang berjumlah 24 siswa. Metode penggumpulan data menggunakan skala, observasi dan wawancara. Instrument yang digunakan adalah skala perencanaan karir, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Reliabilitas skala perencanaan karir sebesar 0,819 artinya memiliki reliabilitas yang tinggi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dalam dua tindakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) perencanaan karir individu siswa dapat ditingkatkan melalui metode mind mapping. Dilihat dari hasil data kuantitatif yaitu rata-rata skor pre-test adalah 64 skor naik 56,25 % sebanyak 36 menjadi 100 pada post-test I dan setelah dilakukan tindakan pada siklus II rata-rata skor naik 13,127 % sebanyak 11 menjadi 111. Dari t-test juga diperoleh t hitung sebesar -31.183 dan lebih besar dari t tabel sehingga disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan dari skor pre-test dengan skor post-test II. Selain itu juga didukung dari hasil observasi terlihat perubahan siswa dari siklus I yang masih bingung terhadap cita-citanya pada siklus II sudah mulai yakin dengan cita-citanya, dari hasil wawancara siswa merasa jika mind mapping dapat membantu membuat perencanaan karir. (2) pada siklus II penyampaian materi menggunakan cerita pengalaman pribadi peneliti serta guru BK, siswa menjadi lebih antusias dan serius dalam memperhatikan penjelasan peneliti serta guru BK. Kata kunci : perencanaan karir, metode mind mapping, remaja siswa SMP

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:45
Last Modified: 29 Jan 2019 20:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15725

Actions (login required)

View Item View Item