PENGARUH BERMAIN MEMANTULKAN BOLA TERHADAP KOORDINASI MATA-TANGAN PADA ANAK TUNAGRAHITA MAMPU DIDIK DI SLB BHAKTI KENCANA II JETAK, SENDANGTIRTO, BERBAH, SLEMAN

Nurwanto, N. (2014) PENGARUH BERMAIN MEMANTULKAN BOLA TERHADAP KOORDINASI MATA-TANGAN PADA ANAK TUNAGRAHITA MAMPU DIDIK DI SLB BHAKTI KENCANA II JETAK, SENDANGTIRTO, BERBAH, SLEMAN. S1 thesis, FIK UNY.

[img]
Preview
Text
Nurwanto_09603141034.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Koordinasi mata-tangan sangat penting bagi anak tunagrahita mampu didik karena menunjang kemandirian dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain memantulkan bola terhadap peningkatan koordinasi mata dan tangan pada anak tunagrahita mampu didik di SLB Bhakti Kencana II Jetak, Sendangtirto, Berbah, Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan desain One Group Pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara purposive sampling, dengan kriteria Jenis kelamin laki-laki, usia SMPLB, jenis ketunaan mampu didik, jumlah 6 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes koordinasi mata-tangan. Uji tingkat validitas sebesar 0,875 dan reliabilitas sebesar 0,889. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis, terlihat bahwa uji-t antara pretest 2.67 dan posttest 3.50 bermain memantulkan bola terhadap koordinasi mata-tangan yang memiliki nilai t hitung 2.712, p = 0,042, karena p > 0,05 maka ada peningkatan yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh bermain memantulkan bola terhadap koordinasi mata-tangan pada anak tunagrahita mampu didik SLB Bhakti Kencana II Jetak, Sendangtirto, Berbah, Sleman. Kata kunci : bermain memantulkan bola, koordinasi mata-tangan, tunagrahita mampu didik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:30
Last Modified: 29 Jan 2019 20:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15720

Actions (login required)

View Item View Item