PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN SNOWBALL THROWING MATERI REDUKSI OKSIDASI DITINJAU DARI MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER II SMA N 1 KALASAN

Liana, Shinta April (2011) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN SNOWBALL THROWING MATERI REDUKSI OKSIDASI DITINJAU DARI MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER II SMA N 1 KALASAN. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT.docx

Download (13kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah (1) perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti model pembelajaran tipe STAD, (2) perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti model pembelajaran tipe Snowball Throwing, (3) perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti tipe pembelajaran STAD dan Snowball Throwing, (4) perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti model pembelajaran tipe STAD dan Snowball Throwing, jika pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang memiliki 2 faktor, 2 sampel, satu faktor dengan pengamatan berulang dan satu faktor dengan satu kovariabel. Jumlah populasi peserta didik kelas X pada semester II di SMA 1 Kalasan berjumlah 193 peserta didik yang dibagi menjadi 6 kelas. Sampel berjumlah 62 peserta didik yang diperoleh melalui teknik sampling yang dipisah menjadi 2 kelas yakni kelas A1 yang menggunakan tipe STAD dan kelas A2 yang menggunakan tipe Snowball Throwing. Data penelitian ini diperoleh dari pengetahuan awal kimia, angket motivasi belajar peserta didik, dan prestasi belajar kimia peserta didik. Data tersebut dianalisis menggunakan uji anakova dengan satu kovariabel, uji t sama subjek, uji t beda subjek, yang sebelumnya didahului dengan uji prasyarat hipotesis yakni uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tidak ada perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti model STAD, (2) ada perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti model Snowball Throwing, (3) ada perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti model STAD dan model Snowball Throwing, (4) ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti model STAD dan model Snowball Throwing.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:22
Last Modified: 29 Jan 2019 20:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15717

Actions (login required)

View Item View Item