PENGARUH MASSA ADSORBEN, WAKTU ADSORPSI DAN KOSENTRASI PEWARNA TERHADAP EFISIENSI ADSORPSI ARANG AKTIF PADA PEWARNA DIRECT BLACK TEKNIS

Setiawan, Jayadi (2011) PENGARUH MASSA ADSORBEN, WAKTU ADSORPSI DAN KOSENTRASI PEWARNA TERHADAP EFISIENSI ADSORPSI ARANG AKTIF PADA PEWARNA DIRECT BLACK TEKNIS. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
ABSTRAK_JAYADI.docx

Download (25kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh massa adsorben, waktu adsorpsi dan konsentrasi pewarna terhadap efisiensi adsorpsi arang aktif pada pewarna direct black teknis dan juga untuk mengetahui karakter gugus fungsional yang terdapat pada arang aktif sebelum adsorpsi, sesudah adsorpsi dan pewarna direct black teknis. Subjek penelitian ini adalah arang aktif dari batok kelapa. Objek penelitian ini adalah efisiensi adsorpsi arang aktif terhadap pewarna direct black teknis. Arang batok kelapa diaktivasi terlebih dahulu dengan cara dipanaskan dengan suhu 400 0C selama 1 jam di dalam muffle furnace. Proses adsorpsi dilakukan dengan mengkondisikan variasi massa adsorben, waktu adsorpsi dan konsentrasi pewarna direct black teknis. Arang aktif sebelum dan sesudah adsorpsi serta pewarna direct black teknis dianalisis secara kualitatif dengan spektrofotometer infra merah (FTIR). Larutan pewarna direct black teknis setelah adsorpsi dianalisis secara kuantitatif dengan spektrofotometer UV-Vis. Efisiensi adsorpsi dinyatakan dalam bentuk konsentrasi teradsorpsi dibagi konsentrasi mula-mula larutan dan dikalikan 100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) semakin besar massa adsorben, semakin tinggi efisiensi adsorpsi arang aktif terhadap pewarna direct black teknis, (2) semakin lama waktu yang diberikan untuk proses adsorpsi menunjukkan adanya proses desorpsi karena ikatan antara arang aktif dan pewarna tidak cukup kuat, (3) efisiensi adsorpsi menurun seiring meningkatnya konsentrasi pewarna black teknis dan adsorpsi pewarna direct black teknis oleh arang aktif pada berbagai konsentrasi mengalami kesetimbangan mulai konsentrasi 3000 ppm, (4) gugus fungsional pada arang aktif sebelum adsorpsi adalah –OH dari air dan –OH terhidrasi, pada arang aktif sesudah adsorpsi adalah –OH dari air, –OH terhidrasi dan benzena dengan orto disubstitusi serta pada pewarna direct black teknis adalah –OH dari air, –OH terhidrasi, aromatik dan benzena dengan orto disubstitusi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:16
Last Modified: 29 Jan 2019 20:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15713

Actions (login required)

View Item View Item