IDENTIFIKASI FEMALE ATHLETE TRIAD (FAT) PADA ATLET ANGKAT BESI PUTRI DAN ATLET ANGKAT BERAT PUTRI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY)

Kukuh Wahyudin, Kukuh W. (2014) IDENTIFIKASI FEMALE ATHLETE TRIAD (FAT) PADA ATLET ANGKAT BESI PUTRI DAN ATLET ANGKAT BERAT PUTRI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY). S1 thesis, FIK UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI .pdf

Download (141MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seberapa besar Identifikasi Female Athlete Triad (FAT) pada Atlet Angkat Besi Putri dan Atlet Angkat Berat Putri Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penelitian ini bertujuan untuk melakukan identifikasi Female Athlete Triad (FAT) pada atlet Angkat Besi Putri dan Atlet Angkat Berat putri Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. Subyek dalam penelitian ini adalah Atlet Angkat Besi Putri dan Atlet Angkat Berat Putri Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang berjumlah 26 atlet. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase identifikasi Female Athlete Triad (FAT) pada Atlet Angkat Besi Putri dan Atlet Angkat Berat Putri Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang terbagi dalam 5 kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa identifikasi Female Athlete Triad (FAT) pada Atlet Angkat Besi Putri dan Atlet Angkat Berat Putri Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah sebagai berikut; Secara obyektif berdasarkan kendali anorexia nervosa bahwa secara rinci terdapat 26 (100 %) atlet yang masuk dalam kategori anorexia nervosa. Sedangkan pada kendali amenorea bahwa secara rinci terdapat 25 (96,15 %) atlet yang masuk dalam kategori Amenorea sekunder dan 1 (3,85 %) atlet yang masuk dalam kategori Amenorea Primer. Kemudian pada kendali Osteoporosis secara rinci terdapat 0 (0 %) atlet yang masuk dalam kategori osteoporosis tinggi, 12 (46,15 %) atlet yang masuk dalam kategori osteoporosis sedang, dan 14 (53,85 %) atlet yang masuk dalam kategori osteoporosis rendah. Secara Subyektif berdasarkan kecenderungan FAT, yaitu sebanyak 3 atlet (11,54 %) yang masuk dalam kategori sangat tinggi, 3 atlet (11,54 %) yang masuk dalam kategori tinggi, 13 atlet (50,00 %) yang masuk dalam kategori sedang, 5 atlet (19,23 %) yang masuk dalam kategori rendah, dan 1 atlet (3,85 %) yang masuk dalam kategori sangat rendah. Sedangkan berdasarkan faktor resiko FAT, yaitu sebanyak sebanyak 4 atlet (15,38 %) yang masuk dalam kategori sangat tinggi, 5 atlet (19,23 %) yang masuk dalam kategori tinggi, 12 atlet (46,15 %) yang masuk dalam kategori sedang, 2 atlet (7,69 %) yang masuk dalam kategori rendah, dan 3 atlet (11,54 %) yang masuk dalam kategori sangat rendah. Kata Kunci: Female Athlete Triad (FAT), Atlet PABBSI Putri DIY

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:14
Last Modified: 29 Jan 2019 20:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15710

Actions (login required)

View Item View Item