UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG DENGAN METODE MIND MAPPING DI KELAS I SD NEGERI CORONGAN DEPOK SLEMAN

Perdana, Prastyawati (2015) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG DENGAN METODE MIND MAPPING DI KELAS I SD NEGERI CORONGAN DEPOK SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Perdana Prastyawati.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak dongeng dengan menggunakan metode mind mapping di kelas I SD Negeri Corongan Depok Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Suharsimi Arikunto yang terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan (planning), tindakanan (acting), pengamatan (observasing), dan refleksi (reflecting). Penelitian dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan observer. Tindakan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan empat kali tindakan. Objek penelitian adalah menyimak dongeng. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes tertulis dan observasi kegiatan guru dan siswa. Sebelum digunakan dalam penelitian, instrumen divalidasi secara expert judgment. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menyimak dongeng dengan menggunakan metode mind mapping dapat meningkatkan keterampilan menyimak dongeng di kelas I SD Negeri Corongan. Peningkatan ditunjukkan oleh keaktifan siswa dan antusias siswa ketika melakukan menyimak dengan menggunakan metode mind mapping, sehingga dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan menyenangkan bagi siswa. Peningkatan keterampilan menyimak dongeng secara produk dapat dilihat dari peningkatan skor hasil sebelum pelaksanaan tindakan dan setelah pelaksanaan tindakan. Rata-rata skor sebelum dilakukan tindakan sebesar 65,5, pada siklus I memperoleh skor rata-rata 75,5. Siklus II rata-rata yang dicapai siswa adalah 85,3. Kenaikan skor rata-rata mulai dari pratindakan hingga siklus II adalah sebesar 19,8. Kata kunci : menyimak dongeng, metode mind mapping, kelas I SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:33
Last Modified: 29 Jan 2019 20:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15706

Actions (login required)

View Item View Item