IDENTIFIKASI KOMPONEN MINYAK ATSIRI DALAM EKSTRAK HEKSANA DARI TEMU IRENG (Curcuma aeruginosa Roxb.) SECARA KROMATOGRAFI GAS - SPEKTROSKOPI MASSA (GC-MS)

Amiati, Desi (2011) IDENTIFIKASI KOMPONEN MINYAK ATSIRI DALAM EKSTRAK HEKSANA DARI TEMU IRENG (Curcuma aeruginosa Roxb.) SECARA KROMATOGRAFI GAS - SPEKTROSKOPI MASSA (GC-MS). S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
IDENTIFIKASI KOMPONEN MINYAK ATSIRI DALAM EKSTRAK HEKSANA DARI TEMU IRENG.docx

Download (11kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kadar minyak atsiri dan mengidentifikasi komponen minyak atsiri yang terkandung dalam ektsrak heksana dari temu ireng (Curcuma aeruginosa Roxb.) dengan menggunakan kromatografi gas-spektroskopi massa (GC-MS). Ekstraksi dilakukan dengan dua cara yaitu maserasi dengan pelarut n-heksana dan secara distilasi uap. Ekstrak n-heksana hasil maserasi disaring dan diperoleh fraksi n-heksana sedangkan distilat hasil distilasi uap dipisahkan dengan ekstraksi pelarut menggunakan pelarut n-heksana sehingga diperoleh fraksi n-heksana. Fraksi n-heksana hasil maserasi dan distilasi uap dievaporasi dan ditambahkan Na2SO4 anhidrat untuk menghilangkan sisa air kemudian disaring. Minyak atsiri hasil evaporasi selanjutnya dianalisis menggunakan kromatografi gas-spektroskopi massa (GC-MS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar minyak atsiri temu ireng hasil maserasi dan distilasi uap berturut-turut adalah 1,19 % dan 0,422 %. Hasil analisis dengan GC-MS pada minyak atsiri temu ireng hasil maserasi dan distilasi uap diperoleh beberapa puncak senyawa yang terkandung di dalamnya. Dari data tersebut dapat diidentifikasi dua buah senyawa yang diduga sebagai penyusun utama minyak atsiri temu ireng yaitu kurzerenon [M+] 230 dan kurkumol [M+] 236.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:07
Last Modified: 29 Jan 2019 20:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15704

Actions (login required)

View Item View Item