PENGARUH EXPRESSIVE WRITING TERHADAP SELF DISCLOSURE PADA SISWA KELAS XI SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN 2012/2013

Intan Imannawati, Intan (2015) PENGARUH EXPRESSIVE WRITING TERHADAP SELF DISCLOSURE PADA SISWA KELAS XI SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI PDF (INTAN 09104241038).pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik expressive writing terhadap self disclosure pada siswa kelas XI SMK YPKK1 Sleman Tahun 2012/2013. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan variabel terikat yaitu self disclosure siswa kelas XI SMK YPKK 1 Sleman, dan variabel bebas yaitu expressive writing. Desain penelitian ini ialah nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK YPKK 1 Sleman. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 14 siswa. Siswa dibagi dalam dua kelompok yaitu 7 siswa menjadi kelompok eksperimen dan 7 siswa menjadi kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala self disclosure, observasi, wawancara, dan portofolio. Teknik analisis data menggunakan analisis tes rangking dari Wilcoxon untuk data berpasangan, sedangkan uji hipotesis yaitu dengan melihat perbedaan hasil self disclosure siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah perlakuan pada taraf signifikansi 5% (alpha=0,05). Hasil penelitian membuktikan ada pengaruh penggunaan teknik expressive writing terhadap self disclosure pada siswa kelas XI SMK YPKK 1 Sleman. Hal tersebut dibuktikan dari hasil tes rangking dari Wilcoxon untuk data berpasangan, dimana Zhitung > Ztabel (2,456 > 2,447) dan nilai p < 0,05 (0.014 < 0.05). Berdasarkan hasil skala Self Disclosure, terjadi peningkatan rata-rata skor pada kelompok eksperimen dari 56,14 menjadi 78,71. Selain itu, hasil data observasi pada saat treatment menunjukkan bahwa subyek mampu bercerita, tidak merasa malu, dan menangis saat membacakan cerita. Data hasil wawancara juga menunjukkan bahwa subyek mampu membuka diri, merefleksi diri, memiliki motivasi untuk berubah dan dapat mengurangi beban hidupnya. Hasil portofolio juga menunjukkan bahwa tulisan subyek sudah memenuhi indikator membuka diri yaitu keleluasaan, kedalaman, dan banyaknya informasi. Kata kunci: expressive writing, self disclosure.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:33
Last Modified: 29 Jan 2019 20:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15703

Actions (login required)

View Item View Item