ANALISIS DAYA JERAP SERBUK ARANG KAYU ULIN ( eusideroxylor zwageri ) TERHADAP ION Zn(II) DENGAN METODE KROMATOGRAFI KOLOM

Witri, - (2011) ANALISIS DAYA JERAP SERBUK ARANG KAYU ULIN ( eusideroxylor zwageri ) TERHADAP ION Zn(II) DENGAN METODE KROMATOGRAFI KOLOM. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
abstrak.docx

Download (21kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui konsentrasi asam klorida optimal dan lama perendaman optimal sehingga menghasilkan daya jerap (penjerapan) terbesar terhadap ion Zn(II) pada serbuk arang kayu ulin, (2) mengetahui efisiensi penjerapan dari serbuk arang aktif kayu ulin terhadap ion Zn(II). Proses aktivasi dilakukan dengan merendam serbuk arang kayu ulin dengan larutan klrorida 1, 2, 3, dan 4 M. Penentuan gugus fungsi dilakukan dengan FTIR sedangkan penentuan efisiensi daya jerap serbuk arang dilakukan dengan SSA. Aktivasi dilakukan dengan cara merendam serbuk arang kayu ulin dengan larutan aktivator HCl selama 24 jam sambil diaduk kemudian dinetral dengan akuades. Penjerapan dilakukan dengan menggunakan kolom berdiameter 1 cm yang terisi serbuk arang kayu ulin teraktivasi dan limbah simulasi dilakukan secara bertetes dari atas kolom. Penentuan efisiensi penjerapan dilakukan dengan menghitung selisih konsentrasi ion logam mula-mula dengan konsentrasi pada filtrat. Pengaruh konsentrasi larutan aktivator terhadap serbuk arang dipelajari melalui kemampuan daya jerapnya terhadap larutan limbah simulasi. Setelah diketahui konsentrasi aktivator yang optimal, maka dilakukan perendaman dengan variasi lama perendaman 12, 24, 36, dan 48 jam. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa : (1) konsentrasi aktivator dan lama perendaman untuk memperoleh daya jerap (penjerapan) optimal dari serbuk arang kayu ulin teraktivasi berturutan adalah 4 M dan 12 jam, (2) efisiensi penjerapan dari serbuk arang kayu ulin teraktivasi sebagai penjerap ion logam seng adalah (87,38 ± 0,006877)%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:00
Last Modified: 29 Jan 2019 20:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15702

Actions (login required)

View Item View Item