PENGEMBANGAN KAMUS ELEKTRONIKA KIMIA BILINGUAL (INDONESIA- INGGRIS) UNTUK POKOK BAHASAN KIMIA INTI BAGI PESERTA DIDIK TINGKAT SMA/MA

Gozali, Abdul Fatah (2011) PENGEMBANGAN KAMUS ELEKTRONIKA KIMIA BILINGUAL (INDONESIA- INGGRIS) UNTUK POKOK BAHASAN KIMIA INTI BAGI PESERTA DIDIK TINGKAT SMA/MA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGEMBANGAN KAMUS ELEKTRONIKA KIMIA BILINGUAL.docx

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dalam bidang pendidikan kimia. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan CD software Kamus Elektronika Kimia Bilingual (Indonesia-Inggris) untuk Pokok Bahasan Kimia Inti bagi Peserta Didik Tingkat SMA/MA dan mengetahui kualitas Kamus Elektronika Kimia Bilingual berdasarkan penilaian lima Guru kimia SMA/MA di Yogyakarta. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan suatu produk. Produk awal ditinjau dan diberi masukan oleh dosen pembimbing, ahli media, ahli materi, peer reviewer dan selanjutnya direvisi. Produk revisi dinilai dan diberi masukan oleh reviewer (lima Guru kimia SMA/MA di Yogyakarta) menggunakan instrumen penilaian. Instrumen tersebut berisi 5 aspek penilaian yaitu aspek pemanfaatan sumber informasi; aspek kesesuaian deskripsi; aspek tampilan; aspek kebahasaan; aspek kemudahan pengoperasian; yang terdiri atas 23 indikator penilaian. Hasil penilaian yang berupa skor kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal. Masukan dari reviewer digunakan untuk merevisi produk yang sudah dinilai sehingga diperoleh produk akhir. Hasil penelitian pengembangan ini adalah CD software Kamus Elektronika Kimia Bilingual (Indonesia-Inggris) untuk Pokok Bahasan Kimia Inti bagi Peserta Didik Tingkat SMA/MA. Berdasarkan penilaian guru kimia SMA/MA, Kamus Elektronik Kimia Bilingual yang disusun ini memperoleh skor rata-rata 93,2 dari skor maksimal sebesar 115, dengan presentase keidealan 81,04%. Kamus Elektronika Kimia Bilingual ini mempunyai kategori kualitas baik (B), sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk peserta didik tingkat SMA/MA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 08 Apr 2015 06:57
Last Modified: 29 Jan 2019 20:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15698

Actions (login required)

View Item View Item