UPAYA PENINGKATKAN SERVIS BAWAH MELALUI LATIHAN MENGGUNAKAN BOLA KARET PADA SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN BOLA VOLI DI SD NEGERI 2 BOCOR TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013 KECAMATAN BULUSPESANTREN, KABUPATEN KEBUMEN

Samsiyah, Samsiyah (2013) UPAYA PENINGKATKAN SERVIS BAWAH MELALUI LATIHAN MENGGUNAKAN BOLA KARET PADA SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN BOLA VOLI DI SD NEGERI 2 BOCOR TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013 KECAMATAN BULUSPESANTREN, KABUPATEN KEBUMEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
69. voli samsiyah.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah penulis dalam pembelajaran bola voli. Dalam melakukan servis bawah, siswa masih belum sesuai dengan implikasi penilaian yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan servis bawah siswa kelas IV dalam pembelajaran bola voli di SD Negeri 2 Bocor tahun pelajaran 2012/2013 Kecamatan Buluspesantren, Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang penelitiannya dilakukan dalam siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Bocor, yang berjumlah 21 siswa. Instrumen yang digunakan adalah: 1) Lembar observasi tes unjuk kerja, 2) Observasi proses pembelajaran, 3) Tanggapan siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan cara merefleksi hasil observasi dan evaluasi terhadap proses pembelajaran yang berlangsung dan dianalisis secara kwantitatif yang hasil perhitungan berupa angka-angka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatkan servis bawah siswa kelas IV dalam pembelajaran bola voli di SD Negeri 2 Bocor tahun pelajaran 2012/2013 Kecamatan Buluspesantren, Kabupaten Kebumen telah berhasil. Berdasarkan hasil tes yang telah dilakukan maka diperoleh hasil sebagai berikut: pada siklus pertama jumlah siswa yang belum tuntas atau mendapat nilai kurang dari 70 sebanyak 10 siswa (47,62%), dan siswa yang tuntas belajar atau mendapat nilai lebih dari 70 sebanyak 11 siswa (52,38%). Pada siklus kedua jumlah siswa yang belum tuntas atau mendapat nilai kurang dari 70 sebanyak 2 siswa (9,52%), dan siswa yang tuntas belajar atau mendapat nilai lebih dari 70 sebanyak 19 siswa (90,48%). Siswapun menjadi senang, antusias, aktif dan tidak jenuh dalam pembelajaran. Kata kunci: servis bawah, peningkatan

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 08 Apr 2015 06:52
Last Modified: 29 Jan 2019 20:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15691

Actions (login required)

View Item View Item