Ariyana Warsiti, Ariyana (2015) SELF-EFFICACY DAN INTENSI PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAKEM. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini beranjak dari adanya fenomena perilaku menyontek pada siswa di SMP. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self-efficacy dan intensi perilaku menyontek, serta untuk mengetahui perbedaan intensi perilaku menyontek antara siswa laki-laki dan siswa perempuan pada kelas VIII SMP Negeri 1 Pakem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun subjek penelitiannya ialah siswa kelas VIII berjumlah 104 siswa, dengan rincian siswa laki-laki 53 dan siswa perempuan 51. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 2 skala yaitu skala self-efficacy dan skala intensi perilaku menyontek. Analisis data yang digunakan yakni product moment dan t-test. Hasil dari penelitian diketahui bahwa ada hubungan negatif antara self-efficacy dan intensi perilaku menyontek yang koefisien korelasinya sebesar -0.580 (p<0,05). Pada siswa perempuan terdapat hubungan negatif antara self-efficacy dan intensi perilaku menyontek terbukti berkorelasi secara signifikan (r =-0.632, p<0,05), laki-laki terbukti berkorelasi secara signifikan (r =-0.495, p<0,05). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata intensi perilaku menyontek pada siswa perempuan yaitu 130.73, sedangkan siswa laki-laki yaitu 138.02. Tingkat intensi perilaku menyontek siswa laki-laki lebih tinggi dibandingkan dengan siswa perempuan (t =-2.133, p<0.05) (p =0.035). Kata kunci: Self-efficacy dan Intensi Perilaku Menyontek
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling ?? ppb ?? |
Depositing User: | Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP |
Date Deposited: | 08 Apr 2015 07:33 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 20:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15690 |
Actions (login required)
View Item |