EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT DILENGKAPI KARTU KIMIA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 DI SMA N 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Setyowati, Sulis (2011) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT DILENGKAPI KARTU KIMIA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 DI SMA N 4 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
Abstrak-(b.Indonesia).docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dilengkapi kartu kimia, (2) perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dilengkapi kartu kimia dan peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran tidak menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dilengkapi kartu kimia; (3) perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dilengkapi kartu kimia dan peserta didik yag mengikuti proses pembelajaran tidak menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dilengkapi kartu kimia. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan desain penelitian satu faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester 2 SMA N 4 Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji-t sama subjek, uji-t beda subjek, dan uji anakova. Hasil penelitian pada uji-t sama subjek menunjukkan bahwa to = -2,485 dan p = 0,018 (p < 0,05) berarti ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan metode TGT dilengkapi kartu kimia. Berdasarkan uji-t beda subjek nilai to= -0,484 dan p=0,262 (p > 0,05) berarti tidak ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kimia peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada uji anakova menunjukkan nilai p = 0,000 (p < 0,05) berarti ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 08 Apr 2015 06:50
Last Modified: 29 Jan 2019 20:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15688

Actions (login required)

View Item View Item