Erni, Rahmawati (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA MELALUI METODE MIND MAP SISWA KELAS V SD NEGERI GULON 2 KECAMATAN SALAM KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, PGSD.
|
Text
Erni Rahmawati, NIM 09108241030.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita melalui metode mind map siswa kelas V SD Negeri Gulon 2 Kecamatan Salam Kabupaten Magelang. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Negeri Gulon 2 dengan jumlah 37 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi aktivitas guru dan siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa keterampilan bercerita siswa kelas V SDN Gulon 2, dapat ditingkatkan melalui metode mind map. Peningkatan terjadi pada: (1) proses pembelajaran mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik di setiap siklus, yaitu meningkatnya motivasi, perhatian, dan keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, pada siklus I pencapaian yang diperoleh siswa adalah 66% meningkat menjadi 76% pada siklus II, (2) hasil keterampilan siswa dalam bercerita mengalami peningkatan. Hasil rata-rata nilai keterampilan bercerita siswa pada prasiklus adalah 55,92, pada siklus I menjadi 63,73, dan pada siklus II meningkat menjadi 71,68. Dengan demikian, penggunaan metode mind map dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas V SD Negeri Gulon 2 Kecamatan Salam Kabupaten Magelang. Kata kunci: keterampilan bercerita, metode mind map
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teknologi Pendidikan Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 08 Apr 2015 07:34 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 20:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15683 |
Actions (login required)
View Item |