UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL MELALUI METODE PSIKODRAMA PADA SISWA KELAS VIII SMP N 1 SLEMAN YOGYAKARTA

Novi Okta Alfasnur, Novi (2015) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL MELALUI METODE PSIKODRAMA PADA SISWA KELAS VIII SMP N 1 SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas VIII D SMP N 1 Sleman melalui metode psikodrama. Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII D SMP N 1 Sleman berjumlah 15 siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Pada siklus pertama terdiri atas enam tindakan, sedangkan pada siklus kedua terdiri atas dua tindakan. Alat pengumpul data dengan mengggunakan skala kecerdasan emosional, observasi, dan wawancara. Uji validitas menggunakan Product Moment Pearson dan diperoleh nilai validitas yang bergerak dari 0,474-0,686. Sedangkan uji reliabilitas instrument menggunakan Alpha Cronbach diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,939. Analisis data menggunakanan analisis deskriptif kuantitatif. Tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu: siklus pertama dengan tindakan psikodrama tanpa naskah dengan judul 1) Berani tampil didepan publik 2) Penemuan dompet 3) Terry si pembuat onar 4) Hobi dan bakatku 5) Persahabatan bagai kepompong 6) Sari si gadis yang baik. Masing-masing naskah drama memunculkan aspek-aspek kecerdasan emosional. Pada siklus kedua dilakukan 2 tindakan psikodrama tentang Terry si pembuat onar dan persahabatan bagai kepompong. Peningkatan kecerdasan emosional dapat dilihat dari perolehan hasil skor rata-rata pre-test sebesar 69,4, setelah dilakukan tindakan hasil skor rata-rata post test I menjadi 100,9 skor meningkat sebesar 31,5, sedangkan hasil skor rata-rata post test II menjadi 125,2 skor meningkat sebesar 24,3 yang berada pada kategori tinggi. Hasil observasi menunjukkan bahwa ada peningkatan dari pretest, post test I dan post test II dimana siswa sudah memahami dan mampu mengelola emosi dengan baik, adanya peningkatan motivasi pada siswa, dan saling menghargai antar teman. Sedangkan hasil wawancara bahwa siswa dapat menjalin hubungan baik dengan orang lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dapat ditingkatkan melalui metode psikodrama. Kata kunci: kecerdasan emosional, psikodrama.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:34
Last Modified: 29 Jan 2019 20:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15682

Actions (login required)

View Item View Item