EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 2 WONOSARI TAHUN AJARAN 2010/2011

PURNAWATI, YULIANA (2011) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER 2 SMA NEGERI 2 WONOSARI TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA.docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan, antara prestasi belajar kimia peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks, dengan prestasi belajar kimia peserta didik yang tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain satu faktor, dua sampel (kelas eksperimen dan kelas kontrol), satu variabel (prestasi belajar kimia) dan satu kovariabel (pengetahuan awal kimia). Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester 2 SMA N 2 Wonosari tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 192 peserta didik dan dibagi menjadi 6 kelas. Sampel penelitian berjumlah 64 peserta didik dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas kontrol (XA) dan kelas eksperimen (XB) yang diambil dengan teknik area purposive sampling. Data dianalisis dengan analisis kovarian (anakova). Hasil analisis kovarian menunjukkan bahwa Fhitung = 4,475 pada p = 0,038, karena p < 0,05 maka ada perbedaan yang signifikan, antara prestasi belajar kimia peserta didik kelas X semester 2 SMA N 2 Wonosari yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks dan tanpa menggunakan pembelajaran kooperatif tipe pair checks, jika pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe pair checks efektif meningkatkan prestasi belajar kimia peserta didik kelas X semester 2 SMA N 2 Wonosari tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 08 Apr 2015 06:38
Last Modified: 29 Jan 2019 20:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15681

Actions (login required)

View Item View Item