PENERAPAN TEORI BRUNER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PEMBAGIAN BILANGAN ASLI SISWA KELAS II SD NEGERI 3 BAJONG BUKATEJA PURBALINGGA

Siti, Nurngaeni (2015) PENERAPAN TEORI BRUNER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PEMBAGIAN BILANGAN ASLI SISWA KELAS II SD NEGERI 3 BAJONG BUKATEJA PURBALINGGA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI NURNGAENI PGSD'09.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas II SD Negeri 3 Bajong Bukateja, Purbalingga pada materi pembagian bilangan asli melalui penerapan teori belajar Bruner. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 3 Bajong Bukateja, Purbalingga dengan jumlah 18 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi dan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Teori Bruner dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas II SD Negeri 3 Bajong Bukateja, Purbalingga materi pembagian bilangan asli. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan oleh peningkatan jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan peningkatan nilai rata-rata tes. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada pratindakan sebesar 29%, akhir siklus I sebesar 55% dan akhir siklus II sebesar 87% mencapai KKM. Sedangkan nilai rata-rata pada pratindakan adalah 43,5, akhir siklus I 69,4 dan akhir siklus II 87,5 pada rentang skor antara 0 sampai 100. Kata kunci : Teori Belajar Bruner, Pemahaman Konsep Pembagian Bilangan Asli, Siswa Kelas II SD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:34
Last Modified: 29 Jan 2019 20:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15678

Actions (login required)

View Item View Item