PENINGKATAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN MELALUI IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV.1 DI SD N KEPUTRAN “A”

Ani, Handayani (2015) PENINGKATAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN MELALUI IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV.1 DI SD N KEPUTRAN “A”. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Ani Handayani.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah implementasi pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dalam pembelajaran IPA yang dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan siswa kelas IV.1 di SD N Keputran “A”. Jenis penelitian ini adalah PTK kolaboratif dengan subjek penelitian siswa kelas IV.1 SD N Keputran “A” yang berjumlah 28. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus tindakan. Instrumen-instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi sikap peduli lingkungan siswa, lembar observasi aktivitas guru dalam menerapkan pendekatan STM, lembar observasi peran guru dalam menanamkan sikap peduli lingkungan, dan angket sikap peduli lingkungan siswa. Validitas instrumen pada penelitian ini menggunakan pendapat ahli (expert judgement). Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya sikap peduli lingkungan yaitu 75% dari jumlah siswa yang mengikuti proses belajar mengajar telah mencapai kategori tinggi. Lembar observasi siklus I menunjukkan bahwa sikap peduli lingkungan sebesar 75% siswa pada kategori sedang dan hasil angket menunjukkan sebesar 25% siswa berada pada kategori tinggi. Hasil pada siklus I belum mencapai kriteria keberhasilan sehingga tindakan dilanjutkan pada siklus II.Pada siklus II, langkah-langkah penerapan pendekatan STM dilakukan dengan melaksanakan: 1) tahap invitasi, guru memotivasi siswa untuk menanamkan sikap peduli lingkungan menggunakan video, 2) tahap solusi,guru memberikan LKS tambahan, memberikan umpan balik terhadap jawaban siswa, dan siswa memisahkan sampah organik dan anorganik, 3) tahap aplikasi, siswa memanfaatkan sampak anorganik untuk dijadikan bahan teknologi pengubah sampah plastik menjadi minyak dan siswa mencuci tangan yang benar dengan melihat poster. Pendekatan STM dengan melaksanakan tahapan tersebut dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan siswa sehingga mencapai kriteria keberhasilan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil observasi siklus II, sebanyak 27 siswa (96,43%) berada pada kategori tinggi dan sebanyak 1 siswa (3,57%) berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil angket siklus II, sebanyak 27 siswa (96,43%) berada pada kategori tinggi dan sebanyak 1 orang siswa (3,57%) berada pada kategori sedang. Hasil yang diperoleh pada siklus II telah mencapai kriteria keberhasilan sehingga tindakan dihentikan pada siklus tersebut. Kata kunci: sikap peduli lingkungan, pendekatan Sains Teknologi Masyarakat

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:34
Last Modified: 29 Jan 2019 20:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15675

Actions (login required)

View Item View Item