EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN CHEMISTRY GAMES PADA PEMBELAJARAN STOIKIOMETRI LARUTAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA N 1 SENTOLO TAHUN AJARAN 2010/2011

Primandani, Novita (2011) EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN CHEMISTRY GAMES PADA PEMBELAJARAN STOIKIOMETRI LARUTAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA N 1 SENTOLO TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN CHEMISTRY GAMES PADA PEMBELAJARAN STOIKIOMETRI LARUTAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK.docx

Download (14kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang positif dan signifikan prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan Chemistry Games dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan Expository dan untuk mengetahui pendekatan pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan prestasi belajar kimia peserta didik antara pembelajaran yang menggunakan pendekatan Chemistry Games dan Expository, jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain satu faktor (pembelajaran kimia), dua sampel (kelas eksperimen dan kelas kontrol), satu variabel (prestasi belajar kimia), dan satu kovariabel (pengetahuan awal kimia peserta didik). Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI Semester 2 di SMA Negeri 1 Sentolo Tahun Ajaran 2010/2011. Sampel penelitian sebanyak 56 peserta didik yang dibagi dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen (XI.IA.1) dan kelas kontrol (XI.IA.2) yang diambil secara purposive sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data pengetahuan awal kimia dan data prestasi belajar kimia peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dianalisis dengan analisis kovarian (anakova). Hasil analisis kovarian menunjukkan Fo = 291,460 dan p = 0,000, karena Fo > Ftabel dan phitung < ptabel (0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang positif dan signifikan antara prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan Chemistry Games dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan Ekspository, jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Dengan demikian, pendekatan Chemistry Games efektif digunakan dalam meningkatkan prestasi belajar kimia peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Sentolo.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 08 Apr 2015 06:33
Last Modified: 29 Jan 2019 20:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15674

Actions (login required)

View Item View Item