PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN SNOWBALL THROWING DITINJAU DARI MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 TEMPEL SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011

susilowati, Retno Dwi (2011) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN SNOWBALL THROWING DITINJAU DARI MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 TEMPEL SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS.docx

Download (13kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan peserta didik yang menggunakan model snowball throwing, jika pengetahuan awal peserta didik dikendalikan secara statistik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain dua faktor (pembelajaran kimia dengan STAD dan snowball throwing), dua sampel (kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2), dua variabel (motivasi dan prestasi belajar kimia), dan satu kovariabel (pengetahuan awal kimia peserta didik). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X semester II SMA N 1 Tempel Sleman tahun ajaran 2010/2011 dan dibagi dalam 3 kelas yang berjumlah 100 peserta didik. Sampel penelitian ini sebanyak 64 peserta didik yangdibagi dalam 2 kelas, yaitu kelas eksperimen 1 (X A) dan kelas eksperimen 2 (X B) yang diambil secara purposive cluster sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data pengetahuan awal kimia, data motivasi belajar kimia, dan data prestasi belajar kimia peserta didik kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Data dianalisis dengan uji t sama subjek, uji t beda subjek, dan. analisis kovarian (Anakova). Hasil analisis kovarian menunjukkan F0 sebesar 0,165 dan p sebesar 0,689 karena p hitung lebih besar dari 0,05 sehingga H0 diterima dan Ha ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia dengan model pembelajaran STAD dengan snowball throwing jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Analisis dengan uji t menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan (p = 0,630) antara motivasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia dengan model pembelajaran STAD dengan snowball throwing. Ada perbedaan yang signifikan (p = 0,000 ) pada motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran kimia dengan model pembelajaran STAD dan snowball throwing pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 08 Apr 2015 06:30
Last Modified: 29 Jan 2019 20:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15672

Actions (login required)

View Item View Item