Jeslin, Wardanar (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN “INGKLING” PADA ANAK KELOMPOK B1 DI TK MINOMARTANI I NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PG PAUD.
|
Text
skripsi.pdf Download (14MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui permainan “ingkling” pada anak kelompok B1 di TK Minomartani I Ngaglik Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok B1 di TK Minomartani 1 Ngaglik Sleman Yogyakarta dengan jumlah 23 anak dengan anak laki-laki 14 anak dan perempuan 9 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan setiap siklusnya terdapat 3 pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar anak meningkat melalui permainan “ingkling”, yakni kemampuan motorik kasar anak sebelum diadakan tindakan terdapat 5 anak (22%) dengan kriteria baik. Pada siklus I peneliti memperkenalkan permainan ingkling terlebih dahulu kepada anak, kemudian memberikan contoh bermain ingkling yang benar kepada anak, sehingga anak dapat memahami kegiatan pembelajaran melalui permainan ingkling. Pada siklus II pelaksanaan tindakan dilakukan berdasarkan pada pemecahaan permasalahan-permasalahan yang muncul pada siklus I yaitu peneliti memberi pengawasan khusus pada anak, peneliti sering memberikan reward pada anak agar termotivasi. Pada siklus II permainan ingkling dikompetisikan agar anak menjadi tertantang dan lebih bersemangat. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan yang didapat pada siklus I kemampuan motorik kasar anak sebesar 48% atau 11 anak, dan pada siklus II, kemampuan motorik kasar anak meningkat hingga sebesar 87% atau 20 anak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan ingkling dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B1 TK Minomartani I dengan pengawasan khusus dan pemberian motivasi. Kata kunci: motorik kasar, permainan ingkling
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini |
Depositing User: | Admin PGPAUD FIP |
Date Deposited: | 08 Apr 2015 07:34 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 20:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15671 |
Actions (login required)
View Item |