PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 SMAN 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2010 / 2011

Ayuhani, Yekti Nurul Rizki (2011) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 SMAN 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2010 / 2011. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
abstrak Indonesia.doc

Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara: (1) kreativitas belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture sebelum dan sesudah proses pembelajaran; dan kreativitas belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture; (2) prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture, jika pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X semester 2 SMAN 1 Depok tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 213 peserta didik dan terbagi dalam 6 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Sampel berjumlah 71 peserta didik yang terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas eksperimen (A1) dan kelas kontrol (A2). Pengujian hipotesis menggunakan analisis kovarian satu jalur (anakova A), uji-t sama subjek dan uji-t beda subjek. Berdasarkan hasil uji analisis data diperoleh bahwa: (1) tidak ada perbedaan yang signifikan (p = 0,082) antara kreativitas belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture sebelum dan sesudah proses pembelajaran; dan tidak ada perbedaan yang signifikan (p = 0,540) antara kreativitas belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture.(2) ada perbedaan yang signifikan (p = 0,000) antara prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture, jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture efektif dalam meningkatkan prestasi belajar kimia peserta didik kelas eksperimen, dengan sumbangan efektif pengetahuan awal kimia peserta didik sebesar 7,3 %.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 08 Apr 2015 06:27
Last Modified: 29 Jan 2019 20:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15670

Actions (login required)

View Item View Item