PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU SISWA KELAS II DI SD KALIBENING KECAMATAN DUKUN KABUPATEN MAGELANG

Purwanti, - (2015) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU SISWA KELAS II DI SD KALIBENING KECAMATAN DUKUN KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
3 BAB I.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAB II.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 BAB III sik3.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB IV sik I.pdf

Download (812kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa khususnya pada kelas II Sekolah Dasar Kalibening melalui penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Kalibening, Dukun, Magelang tahun pelajaran 2012-2013 sebanyak 12 siswa, yang terdiri dari 7 siswa pria dan 5 siswa perempuan. Setting penelitian ini di SD Kalibening, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode observasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif untuk menggambarkan hasil pengamatan yang melibatkan 7 indikator rasa ingin tahu untuk menggambarkan skor-rerata pada masing-masing pertemuan. Kriteria keberhasilan adalah jika rerata rasa ingin tahu siswa minimal berada dalam kategori baik yaitu antara 22-28. Berdasarkan paparan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa pada siswa kelas II SD Kalibening. Perolehan skor rasa ingin tahu siswa melalui penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA meningkat yaitu dari skor 11 (kategori kurang) pada pra tindakan, meningkat menjadi 18 (kategori cukup) pada siklus I, dan menjadi 26,5 (kategori baik) pada siklus II. Cara meningkatkan rasa ingin tahu siswa yaitu : memberikan penjelasan kepada siswa mengenai materi yang digunakan dengan penjelasan yang lebih mudah dimengerti anak serta memberikan stimulan berupa pertanyaan, menyiapkan peralatan atau alat peraga yang lebih menarik sehingga diharapkan seluruh siswa akan lebih semangat melakukan eksperimen, mengidentifikasi masalah dengan mengajak siswa untuk melakukan percobaan-percobaan yang lain, melaksanakan eksperimen dengan bimbingan guru dan meminta teman sejawat untuk memberikan semangat dan belajar bersama, menganalisis hasil eksperimen dengan bimbingan guru, dan menginterpretasikan hasil eksperimen dan menyimpulkan dengan memberikan stimulus dan penghargaan kepada siswa yang berani mencoba sesuatu yang baru. Kata kunci: Rasa ingin tahu, Pembelajaran IPA, Metode Eksperimen

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:34
Last Modified: 29 Jan 2019 20:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15669

Actions (login required)

View Item View Item