MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SD N BANYURADEN GAMPING TAHUN AJARAN 2012/2013

Winda Erwin, Pratiwi (2015) MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IV MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI SD N BANYURADEN GAMPING TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WINDA ERWIN PRATIWI_NIM.09108244003.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Banyuraden Gamping tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 16 siswa. Objek penelitian adalah keaktifan belajar siswa dengan menggunakan media gambar. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan observasi dan catatan lapangan. Validasi instrumen dilakukan dengan exspert judgement. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa pada siklus I mencapai 57 % (kriteria cukup), pada siklus II meningkat menjadi 79 % (kriteria tinggi). Artinya ada peningkatan sebesar 24 %. Peningkatan terjadi karena adanya perbaikan di siklus II yaitu memberikan variasi terhadap gambar dengan memberi bingkai, memperbanyak gambar teknologi masa lalu dan masa kini serta ukuran gambar diperbesar dan adanya pemberian reward. Dengan demikian, penggunaan media gambar dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV SD N Banyuraden Gamping tahun ajaran 2012/2013. Kata kunci : keaktifan siswa, pembelajaran IPS, media gambar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:34
Last Modified: 29 Jan 2019 20:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15664

Actions (login required)

View Item View Item