Aris Johan Kristiawan, Aris (2015) PENGEMBANGAN MATERI LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DALAM BENTUK MODUL TENTANG MENGEMBANGKAN KOMPETENSI INTERPERSONAL UNTUK SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi layanan bimbingan pribadi sosial dalam bentuk modul tentang mengembangkan kompetensi interpersonal untuk siswa kelas X SMK N 1 Klaten. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan dan menggunakan tahapan pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall melalui 9 tahapan. Produk yang dikembangkan adalah materi layanan bimbingan pribadi sosial dalam bentuk modul dengan materi 1. Mengenal Kompetensi Interpersonal, 2. Mengembangkan Kemampuan Berinisiatif, 3. Mengembangkan Sikap Terbuka, 4. Mengembangkan Sikap Asertif, 5. Mengembangkan Sikap Empati dan 6. Mengembangkan Kemampuan Menyelesaikan Konflik. Subjek penelitian terdiri dari subjek ahli dan subjek siswa. Subjek ahli meliputi seorang ahli media dan seorang ahli materi. Subjek uji coba siswa adalah siswa kelas X SMK N 1 Klaten, 15 siswa uji coba lapangan utama dan 30 siswa uji coba lapangan operasional. Pemilihan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan kriteria siswa dengan kategori kompetensi interpersonal kurang/rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menghasilkan materi layanan bimbingan pribadi sosial dalam bentuk modul tentang mengembangkan kompetensi interpersonal untuk siswa kelas X SMK N 1 Klaten ini berada pada kategori “sangat baik” dan layak digunakan. Pada tahap uji lapangan awal, berdasarkan hasil penilaian ahli media, berada pada kategori “baik” dengan skor 3,02 dan penilaian ahli materi berada pada kategori “baik” dengan skor 3,12. Pada tahap uji coba lapangan utama, materi layanan bimbingan pribadi sosial dalam bentuk modul tentang mengembangkan kompetensi interpersonal, total skor penilaian keseluruhan termasuk dalam kategori “sangat baik” dengan memperoleh skor rata-rata 84,95%. Sedangkan tahap uji coba lapangan operasional, total skor penilaian keseluruhan termasuk dalam kategori “sangat baik” dengan memperoleh skor rata-rata 83,39%. Kata kunci: materi layanan bimbingan pribadi sosial, modul, kompetensi interpersonal
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling ?? ppb ?? |
Depositing User: | Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP |
Date Deposited: | 08 Apr 2015 07:34 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 20:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15662 |
Actions (login required)
View Item |