PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA PINTAR PADA PEMBELAJARAN PENJASORKES BERBASIS PEMBELAJARAN TERPADU KELAS III SD

Rodhi Rusdianto, Rusdianto (2013) PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA PINTAR PADA PEMBELAJARAN PENJASORKES BERBASIS PEMBELAJARAN TERPADU KELAS III SD. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (45kB) | Preview

Abstract

Menghadapi kurikulum 2013 tingkat sekolah dasar perlu kiranya untuk memenuhi kebutuhan akan media pembelajaran yang susuai untuk metode pembelajaran terpadu. Alternatif yang ideal adalah dengan mengintegrasikan mata pelajaran penjasorkes dengan mata pelajaran IPA sebagai mata pelajaran yang akan dihapuskan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media Ular Tangga Pintar sebagai media pembelajaran Penjasorkes dan IPA berbasis pembelajaran terpadu kelas III Sekolah Dasar, sehingga produk ini tepat dijadikan sebagai sumber belajar di sekolah. Penelitian ini mengadopsi metode Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg dan Gall yang telah di sesuaikan dengan latar belakang waktu, tempat dan subyek uji coba penelitian melalui tahapan pendahuluan, pengembangan desain materi, pengembangan desain media, dan evaluasi. Subyek uji coba dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa SD Negeri Tegalmulyo Yogyakarta yang berjumlah 34 siswa yang diambil secara Purposive Sampling. Instrumen penelitian ini berupa lembar evaluasi dan angket yang dikutip dari Nur Rohmah Muktiani (2008). Hasil hasil research ini telah menghasilkan media pembelajaran berbasis integrated physical education dan development ini telah menghasilkan media Ular Tangga Pintar pembelajran penjasorkes permainan ular tangga yang tervalidasi. Media ini memiliki kualitas produk hasil uji coba kelompok kecil termasuk kriteria “sangat baik” dengan rerata skor 11, dilanjutkan dengan uji coba kelompok besar dengan rerata skor 10,67 yang termasuk kriteria “sangat baik”. Dilanjutkan dengan tahap validasi ahli materi termasuk kategori “sangat baik” dengan rerata skor 4,77. Pada tahap selanjutnya yaitu uji coba kelompok besar dengan hasil termasuk kategori “sangat baik” dengan rerata skor 4,96. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk dengan kualitas produk yang dikembangkan termasuk kategori “Sangat Baik” dinilai dari berbagai sudut pandang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 08 Apr 2015 06:24
Last Modified: 29 Jan 2019 20:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15661

Actions (login required)

View Item View Item