MENINGKATKAN KOORDINASI GERAK KAKI, TANGAN, DAN KEPALA ANAK MELALUI KEGIATAN GERAK BERIRAMA PADA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA KWARAAN LENDAH KULON PROGO TAHUN AJARAN 2012/2013

Myka, Siagawati (2015) MENINGKATKAN KOORDINASI GERAK KAKI, TANGAN, DAN KEPALA ANAK MELALUI KEGIATAN GERAK BERIRAMA PADA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA KWARAAN LENDAH KULON PROGO TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
Myka Siagawati_NIM 11111247009.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi gerak kaki, tangan, dan kepala anak melalui kegiatan gerak berirama pada Kelompok B TK Dharma Wanita Kwaraan. Penelitian menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan Subjek penelitian anak didik kelompok B TK Dharma Wanita Kwaraan yang berjumlah 25 anak. metode pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan metode observasi dan metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian telah melalui proses validasi instrumen guna memperoleh validitas dan reabilitas instrumen penelitian. Penelitian diawali dengan kegiatan pra tindakan. Dari kegiatan pra tindakan, diketahui nilai rata-rata kemampuan koordinasi kaki, tangan, dan kepala anak baru mencapai nilai 48%. Penelitian dilakukan dalam dua siklus penelitian. Berdasarkan hasil dari dua siklus penelitian, nilai rata-rata kemampuan anak telah mencapai nilai 82%. Perkembangan ini telah melampaui indikator keberhasilan dimana penelitian dikatakan berhasil apabila telah mencapai nilai 75%. Dengan demikian, penelitian ini dapat dikatakan berhasil. Kata kunci: koordinasi gerak kaki, tangan dan kepala, gerak berirama

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:34
Last Modified: 29 Jan 2019 20:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15660

Actions (login required)

View Item View Item