PENERAPAN ASESMEN PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 PURBOWANGI BUAYAN KEBUMEN

Purbowati, Endah (2015) PENERAPAN ASESMEN PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 PURBOWANGI BUAYAN KEBUMEN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pemahaman guru terhadap asesmen portofolio, penerapan asesmen portofolio dalam pembelajaran, peran siswa dalam penerapan asesmen portofolio, kendala yang dialami guru dalam penerapan asesmen portofolio serta upaya guru untuk mengatasi kendala penerapan asesmen portofolio dalam pembelajaran di SDN 3 Purbowangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Purbowangi Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan analisis dokumen. Proses analisis data dimulai dari menelaah seluruh data hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah itu, dilanjutkan dengan mengadakan reduksi data, menyajikan data ke dalam tabel dan verifikasi untuk mengambil kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru terhadap asesmen portofolio masih kurang. Pelaksanaan asesmen portofolio sudah cukup baik, namun dalam hal perencanaan dan penilaian portofolio belum dilakukan secara maksimal. Peran siswa dalam asesmen portofolio, khususnya siswa kelas tinggi sudah cukup baik, sedangkan siswa kelas rendah belum dapat dilibatkan secara penuh dalam penerapan asesmen portofolio karena siswa masih belum mampu. Kendala yang dialami guru dalam penerapan asesmen portofolio adalah kurang pahamnya guru terhadap asesmen portofolio, guru kesulitan dalam membuat rubrik penilaian, kurangnya waktu, dan sulitnya mengkondisikan siswa, khususnya kelas rendah. Upaya untuk mengatasi kendala tersebut belum dilakukan oleh guru maupun pihak sekolah secara terencana. Kata kunci: asesmen portofolio, pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:35
Last Modified: 29 Jan 2019 20:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15650

Actions (login required)

View Item View Item