PENINGKATAN KEMAMPUAN PASSING ATAS MELALUI METODE LATIHAN PERMAINAN PASSING DUDUK PADA SISWA PUTRA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI DI SMP NEGERI 6 BANTARKAWUNG BREBES

Riza Apriyansyah, Apriyansyah (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN PASSING ATAS MELALUI METODE LATIHAN PERMAINAN PASSING DUDUK PADA SISWA PUTRA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI DI SMP NEGERI 6 BANTARKAWUNG BREBES. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru pendidikan jasmani SMP Negeri 6 Bantarkawung Brebes bahwa di SMP Negeri 6 Bantarkawung Brebes belum pernah diadakan tes kemampuan passing atas melalui metode permainan passing duduk pada siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 6 Bantarkawung Brebes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan passing atas melalui metode latihan permainan passing duduk pada siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 6 Bantarkawung Brebes Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, untuk mengetahui pengaruh dari suatu perlakuan dalam satu kelompok, karena penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui Peningkatan kemampuan passing atas melalui metode latihan permainan passing duduk. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 6 Bantarkawung Kabupaten Brebes pada tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes passing atas. Data yang akan dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu data Pre-test melakukan tes passing atas sebelum sampel diberikan perlakuan/treatment, dan data Post-test setelah sampel diberikan perlakuan/treatment dengan menggunakan metode latihan permainan passing duduk. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji-t, yaitu dengan membandingkan hasil pretest dengan posttest pada kelompok eksperimen. Hasil penelitian berdasarkan hasil analisis, terlihat bahwa uji-t antara pretest dan posttest kemampuan passing atas melalui metode latihan permainan passing duduk memiliki nilai t hitung 2.865 dan nilai t tabel dengan df = 19 pada taraf signifikansi 5 % sebesar 2.09. Nilai t hitung > t tabel, maka kedua rerata berbeda signifikan. Jadi hipotesis yang mengatakan bahwa ada peningkatan kemampuan passing atas melalui metode latihan permainan passing duduk pada siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 6 Bantarkawung Brebes Tahun ajaran 2012/2013, diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:35
Last Modified: 29 Jan 2019 20:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15649

Actions (login required)

View Item View Item