PERBEDAAN MOTIVASI BERPRESTASI ANTARA SISWA KMS DAN NON KMS DI SMA MUHAMMADIYAH PAKEM

Siyam Putri Arti, Siyam (2015) PERBEDAAN MOTIVASI BERPRESTASI ANTARA SISWA KMS DAN NON KMS DI SMA MUHAMMADIYAH PAKEM. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI'.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi berprestasi antara siswa KMS dan non KMS di SMA Muhammadiyah Pakem. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyah Pakem yang berjumlah 167 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa yaitu 30 siswa KMS dan 30 siswa Non KMS, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Besarnya pengambilan sampel penelitian ini menggunakan perhitungan 25-30%. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen motivasi berprestasi. Untuk menguji validitas instrumen digunakan rumus product moment dari Pearson dan uji realibilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data yang digunakan dalam menguji hipotesis pada penelitian ini adalah dengan menggunakan uji beda Independent Sample T-test pada SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi beprestasi siswa KMS dan non KMS. Hal ini ditunjukkan dengan Ttabel untuk df1= 1 dan df2= 58 lebih kecil daripada Thitung (Thitung > 1,67155) pada signifikansi α= 0,05, sehingga menyatakan bahwa hipotesis nol ditolak. Siswa non KMS memiliki motivasi berprestasi lebih tinggi daripada siswa KMS ditunjukkan dengan nilai rata-rata (mean) lebih besar dari nilai rata-rata siswa KMS. Hal ini dikarenakan faktor latar belakang ekonomi siswa non KMS yang lebih mampu menyebabkan adanya dukungan baik berupa finansial, sosial, dari lingkungan serta pengawasan dari orangtua sehingga siswa non KMS lebih baik dalam membentuk sikap berorientasi untuk sukses, berorientasi ke depan, lebih menyukai tantangan dan lebih tangguh dalam mencapai motivasi berprestasinya dibandingkan dengan siswa KMS. Kata kunci : motivasi berprestasi, siswa KMS dan non KMS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
?? ppb ??
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 08 Apr 2015 07:35
Last Modified: 29 Jan 2019 20:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15643

Actions (login required)

View Item View Item